PENGALAMAN BEKERJA DI PERUSAHAAN SWASTA YANG BOS-NYA WARGA NEGARA ASING

Ohaiyo mina san.
Kembali lagi dengan aku,
ha ha ha kamu lagi ya Ran,
oke oke kamu pasti penasaran sama ceritaku yang satu ini.
Berharap banget, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, boleh nanti like and share (ups dikira You tube, kenapa nggak sekalian subscribe?)




A : Hai Ran
Ran : Hoi

A : Aku mau nagih hutang ?
Ran : @#$%&*????

A : Lah pura-pura lupa, mentang-mentang lama nggak nulis kamu, buruan katanya mau sharing tentang pengalaman kamu kerja di perusahaan yang boss-nya berwarga negara asing ?

Ran : Ohhhh, itu.

A : Oke, langsung saja ya, aku mulai ya tanya-tanya nya?
Ran : Haik.

A : Kamu dulu kuliah jurusan apa? dan lulusan tahun berapa?
Ran : Kuliah Jurusan Akuntansi, mulai kuliah seingatku Juli-Agustus 2010 sampai dengan September 2014.





A : Wah umum sekali lulus dalam waktu 4 tahun, next, setelah lulus kuliah kamu bekerja dimana?
Ran : 1. Tahun 2011 selama 1 semester aku magang di kampus (fakultas ekonomi) sebagai staff administrasi
         2. Tahun 2012 magang di Bank Tabungan Negara (BTN) selama 1 bulan
         3. Tahun 2014 sekitar bulan Juli sd akhir September 2014 Magang jadi Asisten Jurusan sambil jadi Asisten Dosen perpajakan non-formal
         4. setelah lulus sama di bulan Oktober tahun 2014 kerja di kantor konsultan pajak (cuma sebulan, hihihi)
         5. lalu di tahun 2015, inget betul 1 Juni 2015 diterima bekerja di PMA sampai dengan  28 Februari 2019)




A : Wah banyak, kayak Kutu Loncat (ha-ha-ha)
Ran : Hah!!! bukan lah, orang yang 2011 sd 2014 itu aku kuliah sambil kerja, toh batas waktu sesuai kontrak. setelah lulus aku juga baru pindah 2x, di KKP lalu di perusahaan PMA.

A : Oh iya, ya? Bentar terakhir nomor 5 kamu bekerja sampai 28 Februari 2019. Jadi per tanggal 1 Maret 2019 kamu sudah nggak di PMA, betul?
Ran : iya betul banget

A : Loalah setelah itu kamu pindah kemana dan kenapa?
Ran : Itu,,,, Emmmm Rahasia. Nanti kalau ada kesempatan aku share aku pindah kemana, Poinya adalah tempat baru setelah di PMA itu adalah tempat yang tes nya itu ada 3 tahap dan butuh waktu penantian panjaaaang banget.

A : Oooohh. OKE lanjut kembali ke topik sesuai JUDUL, ceritain dong gimana rasanya bekerja di PMA?
Ran : Jadi.....

A : Stop!!!! tunggu PMA itu apa dulu?
Ran : Perusahaan Modal Asing, yang di dalamnya jelas salah satu pimpinan tertinggi dan pemilik saham terbesar adalah orang Asing.

A : Oke, Lanjuttt....
Ran : Jadi

A : Apa sih suka duka nya jadi anak yang kerja di Kantor PMA?

Ran : sukanya -- Jelas bangga lah kerja sama orang asing, secara aku masih newbie dan ini perbedaan yang sangat mencolok kerja di perusahaan milik orang indo sama orang asing,
1. kalau perusahaan asing tuh DISIPLIN banget, detik atau menit itu diperhatikan banget, bedalah
2. perusahaan Asing itu juga Sangat MENJAGA KEBERSIHAN , ini aku lihat sendiri ketika di lantai ada rambut pegawainya jatuh, itu ibu bosku cantik ngambil gaaeys di lantai, itu lloh cuma 1 helai.
3. Pegawai berprestasi adalah aset dan kejujuran serta etika adalah poin penting. Ketika ada masalah misal Lap Meja dibuat Lap Mesin, lalu si pembuat masalah mengakui kesalahannya dan menjelaskan kronologinya, lah yang mengaku itu sering banget sama atasan diberi reward, setelah itu tim akan mencari solusi agar masalah tersebut tidak terulang kembali. Oh iya jika kamu memang berkinerja sangat baik, usia tidak menjadi halangan kamu untuk mendapat gaji dan jabatan lebih tinggi dari pada pegawai-pegawai yang lebih lama bekerja di sana.
3 hal di atas bakal sulit kamu temukan di perusahaan yang pemiliknya orang Indonesia.
-- Banyak pelajaran yang diambil, bukan hanya pengalaman pekerjaan tetapi juga bagaimana etos kerja, disiplin, pantang menyerah, teamwork, budaya, banyak pokoknya.

dukanya -- kamu bakal dituntut kerja totalitas, jika kamu sudah masuk gerbang kantor maka jiwa dan ragamu benar-benar bekerja, tapi sebaliknya jika libur ya benar-benar libur tanpa bahas pekerjaan
-- karena perusahaan PMA rata-rata di kota besar, jadinya ya jauh deh dari keluarga
-- jujur aku paling kesulitan saat jaga pola makan, karena jam ketat sebelum jam istirahat atau pulang, dilarang makan berat bahkan camilan, tapi aku bisa bertahan 4 tahun kok dengan sering minum energen. hehehe

A : Ada masukkan buat temen-temen yang mau Magang di PMA?
Ran : kalau kamu masih kuliah, perbanyak teman dan tunjukan semangat belajar, karena rejeki datang bisa jadi dari rekomendasi senior kamu yang duluan kerja di PMA dan gak ragu buat rekrut kamu jadi bagian dari tim mereka di perusahaan karena udah ngerti gimana semangat kamu dan cara kamu mengatasi masalah saat bekerja.
satu lagi, belajar bahasa asing itu penting, bukan hanya bahasa inggris, bahasa Jepang dan Mandarin juga perlu. gpp pelan-pelan saja.

A :  Oh iya ada pengalaman lain yang mau kamu share tentang kantor PMA, Ran?
Ran : pengalamannya terlalu banyak, banyak banyak banyak, saat ini aku kerja di instansi pemerintah dan jujur saat transisi aku Syock saat tahu budaya kerja di pemerintahan itu gimana, beda banget, banyak hal positif saat kamu punya pengalaman kerja di PMA

A :  Oke Ran, Thanks buat Sharing and Hearing-nya

Ran : sama-sama, semoga bermanfaat

Komentar