CARA KIRIM CERPEN, PUISI, FOTO, DAN ULASAN TRAVELLING KE KORAN JAWA POS


Hai man teman.
Jumpa lagi dengan saya Rani san.
hihihi 😊
Jadi kali ini aku mau sharing tentang gimana sih cara kirim Cerpen atau Puisi ke sebuah Koran ?

Q : Ran, kok yang kamu posting di koran Jawa Pos sih, koran yang lain nggak ada ya?
R : Hehehe sampai dengan saat ini baru koran Jawa Pos yang aku kirimi. untuk yang koran lain sebenarnya udah tapi belum dapat kabar dimuat atau nggak ? feelingku sih mungkin karena alamat email yang aku kirim itu salah. Gomen 😉

Q : Oh. Terusss?
R : Ya jadi aku posting yang udah kebukti aja kalau emailnya itu sampai ke redaksi.

Q : Udah berapa kali karyamu terbit di sana (koran Jawa Pos)?
R : Total ada 3x (2x cerpen) dan (1x Puisi). Tapi yang aku kirim itu koran Lokal man teman, belum yang level nasional. hehehe (mbatin agak susah tembus karena kebanyakan yang nulis itu penulis-penulis yang udah tingkat dewa seperti my idol #A.S Laksana, Yetti A.KA, dan lainnya).

Q : koran lokal? maksudnya?
R : Jadi Jawa Pos itu isi korannya terdiri dari Berita Nasional dan Berita Lokal yang isi berita lokalnya sesuai dengan daerah penjualannya. Misal ada Radar Bojonegoro, jadi saat kamu beli koran Jawa Pos di Bojonegoro selain kamu dapat membaca berita Nasional kamu juga dapat membaca berita terkini di sekitar daerah Bojonegoro.

Q : Hmmm paham nggak paham aku 😂
R : Yeee,,, ngejelasin panjang lebar, responnya Paham nggak paham, piye toh. Ini nih contoh karyaku yang udah dimuat (karena aku tinggal di Lamongan dan paling sering beli koran di Lamongan saat hari Minggu, ya karyaku aku kirim ke Radar Lamongan)




Q : Ohhh... Oke oke, Terus Kalau misal mau kirim ke Radar Lamongan, Bojonegoro dan sekitarnya kirimnya kemana Ran?
R : kirim ke sini man, lembarbudaya@gmail.com .Di bawah ini juga aku kasih contoh cara kirim emailnya ya



Q : Oke, tapi itu di badan email nggak perlu dikasih keterangan apa gitu, misal prakata "Yth Redaktur ..." ?
R : hahaha ampuni saya, jujur itu pertama kali aku kirim email dan sopannya memang harus ada prakata bla bla bla gitu, jangan ditiru ya man teman.

Q : Kalau aku mau kirim ke level nasional, kirim kemana Ran?
R : kalau untuk yang level nasional bisa kamu kirim ke sastra@jawapos.co.id , seperti info dari sumbernya langsung di bawah ini




Q :Wah Suippp... Satu lagi misal nih ya aku mau kirim Artikel atau opini juga ke sastra email itu kah?
R : Nah itu dia, aku lupa foto, kalau yang radar Bojonegoro bisa kirim ke radar_bj@yahoo.com . Kalau untuk level Nasional next deh aku Share, nggak janji tapi "kalau ingat"



Q : oke, ingetin aku ya kalau aku harus ngingetin kamu untuk share jawaban pertanyaanku yang terakhir tadi 
R : Hmmm ?!?@!! "nggak paham" 😕

Q : Terakhir nih Ran, ada yang mau ditambahkan? 
R : Oh iya, ada. Buat temen-temen yang punya hobi Travelling ke Luar Negeri atau di Dalam Negeri dan pengen banget sharing pengalaman kalian di khalayak umum lewat media cetak, Koran Jawa Pos juga menyediakan kolom khusus loh untuk kalian berbagi cerita. Nggak tanggung-tanggung, jika hasil foto bagus, cerita yang unik dan tips yang sangat bermanfaat saat kamu travelling, halaman yang tersedia khusus buat hasil sharing yang lulus itu 1 halaman Lohhh!!!

Q : Wow!!! jadi cara kirimnya gimana?
R : caranya itu kirim foto dan hasil sharing pengalaman travelling kamu ke email travelling@jawapos.co.id seperti yang ada di gambar di bawah ini:



Q : Ada lagi Ran?
R : ada dong, he-he-he. Ini nih buat temen-temen yang suka foto tapi nggak suka nulis, kamu bisa tetep kirim karya kamu ke Jawa Pos kok.

Q :Wah kenapa nggak bilang dari tadi? ha ha ha aku males banget nulis, sukanya foto cekrek upload and like share, wkwkwkwk...
R : hmmmm, kamyu....

Q :Cepetan, buruan caranya gimana?
R : Caranya yang pertama kamu harus punya instagram, lalu kedua kamu posting hasil foto jepretan kamu ke instagram dengan tagar #ZetizentheExplorer dan tagar Zetizen_Surabaya, seperti petunjuk di bawah ini.


Q : Ohhh. Thank you so much.
R : Haik, buat yang ngikuti obrolan kita, jangan lupa comment ya, Semoga postingannya bermanfaat 😉

Q : See You Rani san. 
R : sayonara

Komentar

  1. Kalo mau kirim ke radar lamongam kirim ke alamat email mana?

    BalasHapus
  2. Kalo mau kirim ke radar Tulungagung,kirim ke email mana?

    BalasHapus
  3. Kalo mau kirim foto dikoran mingguan jawa pos yang bertema gimana kak?

    BalasHapus
  4. Terima kasih kak, jadi semakin terinspirasi buat kirim ke media cetak hehhe

    BalasHapus
  5. Kalau bukan orang Jawa bisa tidak kirim tulisan di Jawa pos?

    BalasHapus
  6. Minimal kirim puisi itu, berapa ya? Satu boleh nggak kak?

    BalasHapus
  7. Kak, izin mau tanya. Kan saya ada beberapa puisi karya saya sendiri tapi saya upload di Instagram. Kalau misal puisi-puisi saya tersebut saya coba kirim ke media cetak apakah masih diperbolehkan ? Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kak, ga ada batasannya, berbeda kalau novel, sebab ada kontrak sama editor

      Hapus
  8. Aku terima email dari Anna, tapi didalamnya Rani? gapapa, aku cuma mau bilang terima kasih sudah Share ke email aku. Aku suka baca2 yang soal2 kayak gitu, smg bermanfaat, amin.

    BalasHapus
  9. kak, aku dari jambi, apa aku bisa kirim karyaku juga ke jawapos?

    BalasHapus
  10. kak saya dari malang apakah saya boleh kirim puisi tiga bait, dan cerpen dan bagaimana cara kirimnya apakah via email

    BalasHapus
  11. Kak, ada wa ngak? Mau nanya2, kebetulan mau coba kirim juga ke sana.

    BalasHapus

Posting Komentar