PENGALAMAN MAGANG DI KANTOR KONSULTAN PAJAK SAAT KULIAH

Image by Steve Buissinne from Pixabay

Ohaiyo mina san.
Kembali lagi dengan aku,
ha ha ha kamu lagi ya Ran,
oke oke kamu pasti penasaran sama ceritaku yang satu ini.
Berharap banget, mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, boleh nanti like and share (ups dikira You tube, kenapa nggak sekalian subscribe?)

A : Hai Ran
Ran : Hoi

A : Kamu kenapa ?
Ran : Hah, i am good, don't worry be happy (pura-pura senyum dan mbatin, soalnya pas posting ini tulisan, mataku ngantuk berat)

A : oh oke, aku mulai ya tanya-tanya nya?
Ran : oh boleh banget, silahkan (sambil nyuput kopi)

A : Kamu dulu kuliah jurusan apa? dan lulusan tahun berapa?
Ran : Aku ambil jurusan Akuntansi, mulai kuliah dari tahun 2010 dan lulus di bulan September 2014

A : Wah umum sekali lulus dalam waktu 4 tahun.
Ran : Haha pengennya sih 3,5 tahun tapi jujur kuliah nyambi kerja ya jadinya nggak fokus. Gpp lah kan pas 4 tahun nggak kurang dan nggak lebih.

A : Sejak kapan kamu mulai memutuskan magang di Kantor Konsultan Pajak?
Ran : Emmm... Seingatku tahun 2014 awal deh, antara semester 7 atau 8 gitu

A : Kamu magang di Kantor Konsultan Pajak mana saja?
Ran : 1 doang. Di kantor Konsultan Pajak Doni Budiono Surabaya.

A : Selain itu magang dimana lagi?
Ran : Emmm... Magang di Bank Tabungan Negara (BTN) di Bangkalan Madura, lalu di Kampus tempat kuliahku dulu sebagai admin Fakultas Ekonomi, di Kantor Jurusan Akuntansi juga sebagai asisten jurusan. Banyak pokoknya. lupa lupa ingat 😃

A : Terus kenapa kamu pengen banget sharing tentang magang di Kantor Konsultan Pajak?
Ran : Karena itu berharga banget dan niat share pengalaman juga terlebih buat kalian yang sedang kuliah semester akhir. Memang kelihatannya simple tapi efeknya saat kalian lulus Kuliah dan mencari kerja itu bisa jadi poin utama kamu saat melamar pekerjaan. Ada juga kok segudang manfaat lainnya.

A : Berapa lama magangnya?
Ran : haha sekitar Dua Bulan doang. Aslinya 3 bulan, tapi karena terlalu banyak pekerjaan jadi aku minta keringanan sama atasanku saat itu "dipercepat". Asli sedih tapi mau gimana lagi.

foto dari google, yang di tengah bukan aku, HP ku saat masih magang sangan jadul belum layar colek dan kameranya masih pakai vga, so jarang banget foto-foto.


A : Apa saja yang kamu dapat saat magang di Kantor Konsultan Pajak?
Ran : Oh banyak. kamu bakal dapat :
   1. Teman baru
   2. Koneksi baru. Bersyukur banget kalau kamu punya temen yang bekerja di kantor konsultan. Kenapa? Karena bisa jadi saat Client mereka membutuhkan staff baru dan info lowongan ke kantor konsultan tersebut, bisa jadi kamu dapat info dan bersyukur dapat rekomendasi kerja dari mereka (si Konsultan). hehehe pengalaman pribadi. Next aku ceritakan di lain waktu ya
   3. Pengetahuan baru, ada banyak banget ilmu yang nggak kita dapatkan di bangku kuliah. Contoh aku saat itu jadi tahu cara input SPT online, gimana cara input langsung di sistem atau di excel terlebih dahulu, tahu cara impor dan expor data di SPT, tahu tentang gimana para konsultan berdiskusi dengan client, dan masih banyak lagi. Asli yang kayak begituan saat itu nggak aku dapat saat kuliah dulu.
   4. Berkesempatan ikut berpartisipasi dalam berbagai event atau pelatihan yang diakan oleh kantor konsultan untuk para client atau untuk mahasiswa, "Gratis". Misal orang ikutan pelatihan tersebut bisa bayar jutaan Rupiah, kamu bisa ikut Gratis dengan syarat jadi panitianya juga kayak fotocopy materi, nata meja dan kursi peserta, menyiapkan alat presentasi pemateri, dlsb.
So sad guys, karena aku nggak ikut di pelatihan saat itu tentang pajak expor impor, karena telat pengajuan magang. #momentnggakpas. Huhuhu ada 3 orang adik kelas beda kampus ikut dari awal karena punya link senior yang kerja di kantor konsultan tersebut. 😑

Foto dari galery Konsultan tempat magangku, iya aku nggak di situ karena hal yang aku ceritakan sebelumnya. Mereka orang-orang hebat dan berpengalaman serta temen-temen magang dari Kampus A yang sangat beruntung.

   5. Aku dulu dibayar loh guys, jadi biasanya kan kalau magang itu kita nggak dibayar karena sudah dapat ijijn buat belajar di tempat magang. Lumayan buat tambahan bayar kos dan makan. hihihi.
Misal gaji UMK di Surabaya saat itu Rp 2,2 juta, lah aku dapat Rp 500 atau 700 ribu perbulannya kalau nggak salah. (note : bedan kantor konsultan beda kebijakan loh ya).
   6. Oh iya kalau di kantor ada acara makan-makan, kita pasti kebagian, hehehe aku dulu makan setiap habis olahraga di hari Jum'at. terus kalau ada pimpinan ulang tahun, aku dan para peserta magang lainnya juga disuruh ikut perayaan di restoran bersama staff konsultan.
   7. dan masih banyak lainnya

A : Apa sih suka duka nya jadi anak magang di Kantor Konsultan Pajak?
Ran : Sukanya itu ya dapat 7 poin di atas.( kecuali no. 4 aku terlambat magang - belum rejeky).
dukanya itu jujur ya, kesulitan bagi waktu karena saat itu aku sedang skripsi, dan jadi asisten jurusan. Kedua Jauh dari Rumah (Lamongan) dan Jauh dari Kampus tempat aku kuliah (Madura) -  tempat magang di Surabaya. Ketiga nggak tahu ya bisa jadi ini hanya perasaanku atau aku-nya yang kuper, jadi karena di sana mayoritas yang magang anak-anak dari sebutlah kampus A, sedangkan aku dari kampus B, aku merasa beda aja. Kadang kalau ngobrol nggak nyambung, terus senior atau atasan di sana lebih care sama anak magang dari kampus A, banyak deh, sampai jujur ya aku pernah nangis gara-gara salah satu ucapan salah satu staff yang dia juga lulusan dari kampus A. Dia bilang apa ? jujur juga aku lupa tapi, believe to me that is so simple, hanya aku saja yang terlalu manja dan baper. Oh iya poin plus tambahan itu juga bisa jadi bahan latihan buat kamu untuk latihan mental agar lebih "STRONG" sebelum terjun di dunia kerja. Serius, rejeky banget kalau kamu kerja di lingkungan yang semua orang baik, tapi pengalamanku di beberapa kantor sebelumnya kamu akan menemukan orang-orang yang ada saja yang nggak sevisi dan semisi dengan kamu dan itu bisa buat gesekkan yang nggak mengenakkan hati.


A : Ada masukkan buat temen-temen yang mau Magang di Kantor Konsultan Pajak?
Ran : ada, dari pengalamanku ya,
1. Jadilah pemberani dengan explore tempat baru selain di Kampus karena ilmu tidak hanya di Buku saja.
2. Mungkin iya susah, sedih, atau Ribet buat magang, tapi itu di awal-awal saja kok. Jika kamu sudah bisa beradaptasi, percaya, kamu bakal bersyukur setelahnya. Aku dulu gini, pas temen-temen masih hitung pajak secara teori dibuku, aku udah sedikit lebih banyak ngerti dari pada mereka yang nggak magang.
4. Poin plus juga jika kamu pernah punya trade record magang, karena saat kamu lulus kuliah dan mencari pekerjaan, kamu bukan fresh graduate biasa.
3. Masukkan buat kamu yang tertarik magang yaitu,
   *siapin dokumen kayak surat ijin dari kampus, sering-sering follow up tempat kantor rencana kamu magang karena bisa jadi mereka banyak pekerjaan dan lamaran magang kamu terselip, alhasil lupa deh mereka yang mau ngabari kamu,
   *siapkan bekal uang jika kamu magang di tempat baru dan jauh dari domisili kamu, karena yakin deh pada akhirnya, kamu akan berjuang sendiri menentukkan arah langkah kaki kemana,
   *siapin juga bekal pengetahuan ya minim yang dasar-dasar gitu biar nggak kaku saat diajak diskusi sama anak magang lain dan atasan kita tentang sebuah kasus.

A : Wah, banyak ya masukkannya. Oh iya ada pengalaman lain yang mau kamu share tentang kantor konsultan Pajak, Ran?
Ran : ada, tapi nggak sekarang, aku share next ya setelah ini

Komentar

Posting Komentar