PENGALAMAN CARA KIRIM SINOPSIS FTV


Halo sobat-sobat semua yang berbahagia.
Apakah kamu mempunyai hobi nulis?
nulis Cerpen mungkin ? atau nulis Novel? sering aktif di ekskul "Mading"? atau kamu sudak nonton film di bioskop atau nonton sinetron dan FTV di rumah?
Nah loh, pernah kepikiran kah jika karya tulisan kamu diterima salah satu rumah produksi untuk ditayangkan di televisi?
kepingin kan ?
dapat Honor juga loh, hehehe...
Jjadi di sini aku mau berbagi pengalaman gimana dulu aku pertama kali nulis sinopsis FTV dan kirim ke Screenplay Productions. Gokil, beneran bersyukur karena sinopsisku diterima.
jadi Screenplay Productions merupakan sebuah rumah produksi di Indonesia yang kantor pusatnya ada di SCTV (Jakarta).

Seneng? iya jelas bangga karena ada nama ku yang juga ikut ditulis saat FTV dipromosikan atau tayang di televisi.

Senengnya lagi itu aku dapat honor yang jumlahnya itu menurutku lumayan buat THR-an dan ngajak ibu jalan-jalan ke mall :) *karena honor cair nya bertepatan 10 hari sebelum lebaran seingatku. hihihi #mantap.

Poinnya itu :
1. Kamu buat sinopsis FTV maksimal 3 atau 4 halaman.
2. Baca sekali lagi sinopsis yang kamu buat (alur ceritanya sudah oke apa belum, masih ada banyak salah ketik kah, biodata juga sudah terlampir apa belum?)
3. Kirim sinopsis kamu via email ke rrpondaag@gmail.com , beliau itu yang biasa menerima dan memberi kita informasi mengenai sinopsis yang kita kirim dan ditujukan untuk Screenplay Productions. 
4. Poin terakhir kamu kudu sabar. aku dulu kirim sinopsis November atau December 2017, dapat kabar antara bulan Mei atau Juni 2018.

Jumlah sinopsisku yang diterima sampai dengan akhir 2018 baru 2 judul sinopsis. Kok dikit? iya karena lagi fokus buat persiapan restitusi Pajak perusahaan sama my team in the office. Ya, profesiku sebagai seorang Akuntan, tapi kalau lagi free biasanya nulis cerpen dan kirim ke koran-koran lokal. aku tertarik nulis novel FTV saat itu karena ada temen yang baik banget mau bagi tips cara nulis FTV, dia juga berkenan ngasih tahu aku kemana kirim sinopsis FTV tsb. #i_Love_you ms. Dyah Eka.

Karena aku sudah resign dari perusahaan tempat kerjaku dulu, jadi aku bakal lanjut nulis sinopsis FTV lagi dan bakal sharing di blog ini tentang apa-apa saja sih yang harus diperhatikan agar sinopsis kita bisa goal dipilih produser dan layak buat tayang di Televisi.

Ganbatte nima san.
Semoga bermanfaat, 

note: pengalamanku asli dikit banget, masih kalah jauh sama para senior yang keren-keren kalau udah commitmen nulis. misal aku 1 bulan nulis 2 sinopsis, mereka para suhu bisa lebih dari 2 (banyak pokoknya.

selamat datang pemula (sama seperti diriku)
mohon comment ya para senior yang udah jago banget nulis sinopsis FTV (Ohaiyo mbak Dyah Eka)

:)

Komentar

  1. Terimakasih kak sharing nya.. bermanfaat sekali :)

    BalasHapus
  2. bermanfaat sekali sharing pengalamannya. oya kalau boleh tau ig kakak apa? biar aku follow

    BalasHapus
  3. Itu alamat email redaksinya masih aktif kak?

    BalasHapus
  4. Thanks ingonya. Alamat ig kakak ap ya? Biar bs follow ni😊

    BalasHapus
  5. Itu cuma buat sinopsisnya aja apa buat script nya juga kak?

    BalasHapus
  6. Pengen deh kak bisa kayak gitu

    BalasHapus
  7. Punya Cerita tpi bingung cara kirimnya

    BalasHapus
  8. 2020 emailnya masih sama, kak?

    BalasHapus
  9. Kk saya kepingin banget kayak gitu udah lama pengen nulis kyak gitu cuma aku harus apa mau kirim nya ke mana akhirnya berhenti berharap

    BalasHapus
  10. Itu serius alamat emailnya? Kalo naskah kita gk diterima, gk bakalan di salah gunakan kan kak? Maaf saya hanya bertanya, mohon balasannya kak🙏

    BalasHapus
  11. Kalau mau jadi penulis kirim alamatnya kemana ya??kalaubyg tau wa aku dong 082171706732

    BalasHapus

Posting Komentar