CARA KLAIM (MENCAIRKAN) DANA BPJS KETENAGAKERJAAN KAMU SETELAH KELUAR DARI PERUSAAH TEMPAT KAMU BEKERJA

gambar 1

πŸ‘‹πŸ‘ŒπŸ‘Ohaiyo mina san.🌸🌺🌻

   Hari ini aku mau berbagi cerita mengenai pengalamanku yang pengen banget mencairkan dana BPJS Ketenagakerjaan setelah mengetahui resign dari perusahaan tempat aku bekerja sebelumnnya. Kapan hari kan aku udah pernah share ya tentang cara melihat atau cek berapa sih Saldo BPJS Ketenagakerjaanku saat itu melalui website online (bukan dengan aplikasi dari playstore atau datang langsung dengan menanyakan ke petugas BPJS yang bersangkutan).

    Setelah tahu berapa saldo BPJS Ketenagakerjaanku saat itu, selanjutnya aku mau mengajukan Klaim atau pencairan dana saldo tersebut.

Ran, Kenapa nggak Klaim via online aja? kan lebih simple dan nggak ngantri dan nggak perlu jauh2 ngurus ke kantor BPJS Ketenagakerjaan?

Hehehe alasannya adalah karena jumlah Saldoku lumayan banyak saat itu. Alhamdulillah, ya sekitar 1x bulan gaji lebih. Aku sengaja proses fisik tujuannya adalah :
1. Biar ada kejelasan langsung dari petugas terkait? takut terjebak trouble system. 
2. Memastikan bahwa Saldo yang aku lihat kemarin via online itu benerankah segitu?
3. Siapa tahu ketemu petugas yang cakep, soalnya dari pada di rumah ngganggur nunggu pengumuman kerja di tempat yang baru. 😁

Langsung ya, ini dia caranya:
1. Sebelum kamu pergi ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan, pastikan berkas yang harus kamu siapkan telah komplit untuk dibawa, seperti

  • KTP Asli dan Foto Copy KTP
  • Kartu Keluarga Asli dan Foto Copy Kartu Keluarga
  • Surat keterangan Resign atau PHK asli dari Perusahaan dan Foto Copy-annya
  • Buku Tabungan (Rekening) yang masih aktif dan Foto Copy-annya (note: yang difotocopy itu halaman depan yang ada keterangan Nomor Rekening, Nama Pemilik Rekening, dan Nama Bank di buku tabungan yang kamu miliki.
  • Kartu BPJS Ketenagakerjaan yang asli dan Foto copy-annya.
Tambahan informasi buat kamu ya
  • Klaim BPJS Ketenagakerjaan bisa diurus di Kantor BPJS Ketenagakerjaan dimana saja di seluruh Indonesia, setahuku. Karena aku kan kerja serta terdapftar sebagai peserta di kota Gresik, tapi aku ngurus klaimnya di kota Lamongan, dan itu berhasil.
  • Foto copy-nya masing-masing 1 lembar saja, soalnya buat arsip petugas, dan nanti dokumen aslinya hanya ditunjukkan ke petugas dan langsung dikembalikan kok, tujuannya untuk memastikan foto copy dan dokumen asli tidak ada manipulasi.
2. Setelah semua dokumen siap, selanjutnya kamu tinggal meluncur ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan. Saat sudah sampai, aku langsung ambil nomor Antrian di Meja security saat itu.


gambar 2

    Ha-ha-ha awalnya hari Kamis aku dapat nomor urut 13, tetapi saat maju ke petugas dokumenku ketinggalan satu, yaitu Kartu Keluarga Asli, Kok bisa ? iya jadi kau punya foto copy an KK banyak banget saat ngurus, aku ambil tuh foto copy an sampai lupa bawa yang asli.
    Hari Jumatnya datang kembali dan dapat nomor antrian 12 


gambar 3

3. Saat maju dengan nomor antrian tersebut, selanjutnya petugas meminta dokumen asli dan foto copy seperti yang dijelaskan di poin nomor 1, setelah di cek dan hasil OKE, petugas akan mengembalikan dokumen asli kamu dan memberikan 1 lembar formulir pengajuan Klaim untuk kamu isi.


gambar 4

    Note yakamu juga bisa minta print out jumlah saldo kamu berapa saat ini yang bisa diajukan klaim, kemarin aku minta sama mas petugasnya dan dikasih 1 lembar seperti di bawah ini:


gambar 5


4. Dokumen asli dan fotocopy sudah dicek, aku juga sudah ngisi formulir pengajuan klaim, print out saldo BPJS juga sudah berhasil di dapat, selanjutnya ada foto 1x di depan petugas sebagai bukti bahwa kamu benar-benar orang yang mengajukan klaim bpjs tersebut. fotonya di belakang komputer petugas yang ada tulisannya "DELL" dan itu cepet nggak sampai 1 menit kok


gambar 6


5. Setelah semua prosedur nomor 1 sd 4 dilalui, petugas akan menjelaskan beberapa hal yang aku ingat itu:

  • Dana akan masuk dalam waktu 1 minggu atau 7 hari kerja (hari sabtu, minggu dan tanggal merah atau libur nasional tidat terhitung ya guys)
  • Pastikan Buku tabungan kamu masih aktif dan ada saldo minimal Rp 50.000, soalnya kata mas-nya banyak peserta BPJS yang mengeluhkan seteah Klaim, dananya tidak kunjung masuk ke rekeningnya. setelah di cek ternyata buku tabungannya sudah nggak aktif atau paling sering saldo buku tabungan kurang dari Rp 50.000,- . Nah Loh
  • Kenapa buku tabungan yang kita sampaikan ke petugas BPJS harus ada saldonya, menurutku mungkin karena saat proses transfer itu kan ada biaya transfer, bisa jadi biaya tersebut dibebankan kepada peserta yang mengajukan klaim tersebut, Analisa sementara aku. So, lebih amannya pastikan dulu ya rekening tabungan kamu masih aktif dan masih ada saldonya.
  • Kata mas petugas juga kalau ada masalah bisa datang kembali ke kantor BPJS kita mengurus klaim tersebut, aku juga dikasih nomor telp kantornya juga saat itu.


6. Proses terakhir adalah menunggu, aku kira bisa sampai 7 hari kerja Dana baru bisa cair, Ternyata dana klaim tersebut masuk dalam 2 hari kerja ke rekeningku guys. Alhamdulillah.
jadi aku mengurus tanggal 12 hari Jumat "cek gambar 3" dan dana masuk di tanggal 15 hari Senin. Cepet khannn...


gambar 7



Jadi saran aku mending ngurus di kantornya aja langsung kalau urusan cair, ribet sih, tapi aman dan menanggulangi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Oke, semoga artikelku ini bermanfaat,
Terima kasih telah berkenan mebaca sampai tuntas :)
ditunggu atrikel selanjutnya ya



Komentar