PENGALAMANKU TENTANG CARA MENGETAHUI SALDO BPJS KETENAGAKERJAAN SAAT INI





πŸ‘‹πŸ‘ŒπŸ‘Ohaiyo mina san.🌸🌺🌻

   Hari ini aku mau berbagi cerita mengenai pengalamanku yang pengen banget mengetahui berapa sih Saldo BPJS Ketenagakerjaanku selama bekerja.
Kenapa baru sekarang ingin tahu? Kenapa nggak kemarin-kemarin?
hehehe alasannya adalah :

1. Kalau menunggu informasi dari HRD kantor itu asli lama banget. Info dan Slip BPJS masih belum dicetak, sistem di kantornya sedang bermasalah, dan sering banget di Gresik kota itu pemadaman listrik yang disebabkan oleh banyak hal.
2. Denger dari temen-temen divisi lain yang bisa lihat saldo BPJS Ketenagakerjaanya secara mandiri melalui website atau aplikasi mobile karena terlalu lama nunggu infomasi dari HRD.
3. Per tanggal 1 Maret 2019 aku resign dari tempat aku bekerja karena mendapat tempat kerja yang baru. 

   Karena tiga alasan di atas, mangkanya aku mulai sibuk mencari tahu berapa sih slado BPJS Ketenagakerjaanku saat ini ? 😁
   Oh iya, aku nggak download aplikasi BPJS Ketenagakerjaa di playstore karena aku cuma pengen tahu saja saldo saat ini dan rencana akan aku klaim atau cair langsung setelah mengetahu saldonya berapa. Kebanyakan aplikasi di HP jadi kasihan sama memori HP guys. 
   Karena sudah berhasil mengetahui cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan yang rencana aku dapat saat pengajuan Klaim, berikut aku mau berbagi cerita langkah-langkahnya gimana yakk :

Pertama : kunjungi link BPJS Ketenagakerjaan yang dikenal sebagai BPJSTKU  
di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/  . 
Kemudian klik tombol yang bertuliskan "DAFTAR PENGGUNAN" di sebelah pojok kanan bawah.




Jadi BPJSTKU adalah Layanan Informasi dan Klaim Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan untuk peserta khusus tenaga kerja yang ingin :
1. Mendapatkan informasi Saldo JHT dan Rincian Saldo JHT tahunan.
2. Mendapatkan informasi Profil perserta, simulasi Saldo JHT dan Formulir pengajuan Klaim online. 

Kedua : akan muncul layar di bawah ini dan langkah kamu selanjutnya adalah isi Segmen dan Email kamu. Lalu klik tombol yang bertuliskan "Kirim"






Ketiga : Selanjutnya kamu akan beralih ke kolom verifikasi email yang tujuannya adalah memastikan bahwa email kamu benar dan tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak berkepentingan. Seperti gambar di bawah ini:




Keempat : Buka segera email yang telah kamu masukkan sebelumnya dan pastikan apakah kamu mendapatkan pesan masuk dari BPJS seperti contoh di bawah ini :



Kelima : Masukkan segera kode Verifikasi yang terdiri dari 6 digit tersebut ke halaman  sebelumnya seperti di langkah nomor ketiga, lalu klik tombol yang bertuliskan " 
Verifikasi".




Keenam : Langkah selanjutnya setelah menekan tombol Verifikasi adalah mengisi kolom berikut sesuai dengan keterangan yang kamu miliki. Bentuk kolomnya seperti di bawah ini :



Note ya buat kamu:  
  • Nomor BPJS Ketenagakerjaan kamu atau nomor KPJ (nomornya itu yang terdiri dari 11 digit ya guys)
  • Masukkan kata sandi yang terdiri dari 8 digit, nggak boleh kurang ya.
  • Masukkan kembali kata sandi kamu di kolom "Konfirmasi Kata Sandi"



Jika semua data telah terisi, selanjutnya klik tombol di layang yang bertuliskan "Kirim".

Ketujuh : ini langkah terakhir pendaftaran setelah langkah kesatu sampai dengan keenam berhasil kamu lakukan, kamu tinggal login saja sesuai dengan email dan password di akun BPJS Ketenagakerjaan kamu 


Setelah "Login", maka tampilan yang muncul adalah seperti di bawah ini dan pilih "Lihat Saldo JHT" :




Mudahkan ?
Langkah-lagkah tersebut aku lalui hanya dalam waktu kurang dari 10 menit di depan laptop, dan HP andoidku, jadi dari pada harus datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan dan ngatri panjang, lebih baik menggunakan fasilitas internet saja.

Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat ya mina san :)
Terima kasih telah berkenan membaca sampai tuntas :)
ditunggu atrikel selanjutnya ya








Komentar